Lingkar Pos

DaerahPemerintahanPendidikan

Sukseskan Kirab Pemilu 2024, Pj Bupati Aceh Utara Lepas Balon Sura Sulu ke Udara

Lhoksukon – Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, menghadiri acara pembukaan kirab Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang diselenggarakan di kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupaten setempat, Kamis (16/3/2023) sore.

Pada kesempatan pembukaan acara Kirab Pemilu 2024 tersebut, PJ Bupati Azwardi bersama Ketua KIP Aceh Utara Zulfikar, SH, Ketua KIP Kota Lhokseumawe Mohd Tassar, perwakilan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) kabupaten setempat serta sejumlah petugas keamanan secara bersamaan juga melepaskan balon sura sulu ke udara sebagai tanda bahwa pembukaan kirab Pemilu 2024 resmi dilaksanakan.

PJ Bupati Azwardi di sela-sela pembukaan acara itu mengatakan, sebagai pemerintah, pihaknya sangat mendukung kesuksesan Pemilu 2024 mendatang dan tahapan – tahapan yang telah dan sedang dilakukan oleh penyelenggara pemilu saat ini. Azwardi juga akan terus mengajak stakeholder lainnya untuk terus menyebarkan sosialisasi mengenai kepemiluan agar masyarakat benar-benar memahami tentang Pemilu.

“Ini adalah sebuah pembelajaran atau pemahaman bagi masyarakat, menyampaikan dan mengkampanyekan kepada masyarakat bahwa proses Pemilu sudah dimulai. Tadi Ketua KIP juga ada menyampaikan bahwa Pemilu sudah pasti dilaksanakan pada tahun 2024,” kata PJ Bupati Azwardi.

“Dengan sama-sama menyukseskan dua momen penting yaitu pilpres dan pemilihan kepala daerah. Oleh karena itu, Pemerintah dan forkopimda sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan pada sore ini, begitu juga kegiatan-kegiatan yang lain yang tentunya sudah disusun oleh para penyelenggara Pemilu untuk suksesnya Pemilu di Aceh khususnya di Aceh Utara,” sambungnya lagi.

Sementara itu, Ketua KIP Aceh Utara Zulfikar dalam sambutannya menyampaikan bahwa hari ini merupakan hari menuju Pemilu yang mana terhitung dari hari ini hanya 334 hari lagi akan berlangsung hari pencoblosan. Acara Kirab ini dibuka selama enam hari dan secara berkelanjutan mulai dari Banda Aceh hingga seluruh kabupaten di Aceh.

“Kami selaku pelaksana Pemilu kabupaten dan kota ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa proses pelaksanaan Pemilu berdasarkan keputusan KPU yaitu pada Februari 2024. Kirab ini dimulai dari Aceh yaitu Banda Aceh insyaallah hari ini sampai di Kabupaten Aceh Utara. Kita akan mengunjungi titik-titik di sejumlah di wilayah Aceh Utara untuk menyampaikan sosialisasi ini,” kata Zulfikar.

Zulfikar mengatakan, pada sosialisasi ini pihaknya akan memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa ada 24 parpol (partai politik) peserta pemilu 2024. Kemudian proses tahapan pemilu terus berjalan pasca ditetapkan parpol sehingga tahapan-tahapan juga terus berjalan.

“Harapan Kami sebagai pelaksana Pemilu, kepada stakeholder di seluruh kecamatan dapat menyampaikan pemahaman pemilu kepada masyarakat. Ayo sama-sama Kita ke TPS untuk menyalurkan hak politiknya pada hari H. Kemudian harapan-harapan ini menjadi trigger bagi masyarakat Aceh Utara bahwa Pemilu itu sangat penting sebagai tanda proses pergantian pemimpin yang sangat legal,” ujarnya lagi.

Pada pembukaan kirab ini turut dihadiri ketua Partai Politik maupun yang mewakili masing-masing partai. Kemudian hadir juga Waka Polres Aceh Utara, perwakilan Panwaslih Aceh Utara, Ketua Mahkamah Syariah Lhoksukon, Ketua Pengadilan Negeri Lhoksukon, Kepala Kesbangpol dan serta beberapa tamu undangan lainnya. (*)

Related posts

Imran Ditunjuk Kembali Menjabat Wali Kota Lhokseumawe

Redaksi

Penjabat Gubernur Aceh Lantik Muhammad Syah Sebagai Dirut BAS

Redaksi

Pj Bupati Aceh Jaya Pimpin Rapat Koordinasi dengan Para Camat

Redaksi

Leave a Comment